10 Makanan Paling Enak dan Nikmat se-Nusantara Buat Para Mahasiswa. Favoritmu yang Mana?

Sepertinya tak ada yang perlu meragukan keunikan dan kekayaan Indonesia, di bidang apapun. Tak terkecuali kuliner. Kuliner Nusantara adalah hal yang paling dicari para wisatawan lokal maupun mancanegara, setelah destinasi wisatanya.

One can not think well, love well, sleep well, if one has not dined well.
– Virginia Woolf, A Room of One’s Own

Terlepas dari destinasi tujuan, berikut ini adalah 10 kuliner atau makanan terenak dan ternikmat se-Nusantara, versi Hipwee Travel dan mahasiswa pada umumnya. Apakah makanan favoritmu ada dalam daftar ini? Yuk, makan! Eh, simak!

10. Pagi sebelum kuliah, mungkin Lontong Sayur bisa bikin harimu bahagia penuh semangat. Tapi sayang, dia ada di peringkat sepuluh 

Nyuus!

Nyuus! via www.makanajib.com

Sepakat nggak nih Lontong Sayur masuk 10 besar? Dengan guyuran sayurnya pada sepiring lontong yang sudah dipotong, plus tempe atau bakwan goreng, seberapa besar kekuatanmu untuk menolaknya? Apalagi di pagi hari, sebangun tidur, dan jadwal sehari ini bakal padet banget. Beuh, Lontong Sayur adalah malaikat buat mahasiswa macam kamu gitu. hehe

9. Perwakilan dari ranah Sumatera, pempek Palembang nikmatnya nggak kira-kira.

pempek

pempek via blog.travelio.com

Makanan khas sekaligus oleh-oleh Palembang, Sumatera Selatan ini cocok di lidah masyarakat Indonesia. Makanya nggak kaget kalau banyak yang suka. Pun, hampir setiap kota ada yang jual pempek kan?

8. Selain Lontong Sayur, pagi-pagi juga enak makan Bubur Ayam. Buat kamu yang ngekos dan jomblo, cuma Bubur Ayamlah yang bisa menenangkanmu. #eh

Bubur ayam~

Bubur ayam~ via semuacaramembuat.blogspot.com

Makanan paling nikmat, ketika kamu kurang fit. Atau sebagai penunda lapar ketika kamu bangun kesiangan dan hampir memasuki jam makan siang di kosan. Apalagi ditambah dengan telur yang terbelah. Beuh! Nikmat! Bubur ayam dapat peringkat ke 8!

7. Bagi mahasiswa dan setiap orang yang pernah mengunjungi Yogyakarta, rasanya Gudeg juga layak masuk ke daftar ini deh.

Gudeg

Gudeg via gudegyudjumpusat.com

Makanan favorit dan paling nikmat bagi masyarakat dan mahasiswa di Jogja. Apalagi, makanan khas daerah ini menjadi ikon kuliner Yogyakarta. Rasanya yang nikmat tiada tara, serta harganya yang pas banget di kantong mahasiswa. Manusia kampus mana sih yang nggak suka?

6. Makanan yang sudah tersebar luas dan berkembang pesat di Indonesia. Soto memang layak masuk 10 besar makanan enak bagi semua orang

Soto Betawi.

Soto Betawi. via mbokmandeg.com

Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Surabaya, Soto Makassar, Soto Kopi, apa lagi yang kamu ragukan atas semua kenikmatan dalam keanekaragaman soto di Indonesia itu? Mungkin inilah satu-satunya kuliner yang beraneka ragam di nusantara namun namanya tetap satu jua, Soto!

5. Bakso, makanan yang paling mudah ditemui di mana saja, ada di peringkat lima loh. Obama aja suka!

Siapa yang bisa nolak bakso segede ini?

Siapa yang bisa nolak bakso segede ini? via kulinerkota.wordpress.com

Dari gambar di atas, sudah paham, ‘kan, kenapa bakso bisa ada di peringkat 5 besar makanan terenak se-Indonesia? Ya, inilah pilihan mahasiswa dan anak kosan mana pun.

4. Di peringkat empat, ada Nasi Goreng, makanan khas Indonesia yang menjadi sahabat mahasiswa, meski nggak terlalu akrab.

Yakin nggak enak? :p

Yakin nggak enak? :p via www.sunrice.com.au

Tak salah kalau banyak orang yang menyebut Indonesia itu unik dan berkreatifitas tinggi. Buktinya, nasi pun bisa diolah sedemikian nikmatnya, menjadi sebuah nasi goreng yang diakui pula oleh masyarakat dunia. Dan itu enak! Sepertinya ini makanan wajib mahasiswa yang kelaparan tiap malam dengan berharap porsi yang lebih.

3. Siapa yang bisa menolak kenikmatan Sate Ayam atau Kambing Nusantara? Apalagi kalau dibeliin~

Teee...Sateeee~

Teee…Sateeee~ via www.infobdg.com

Banyak banget varian sate di Indonesia yang bisa meremajakan jiwamu. Dan, nggak salah dong, lezatnya kecap pedas bercampur bawang, cabai, dan bumbu lainnya, jelas bikin kamu ngiler! Yoi nggak tuh?

2. Ada di urutan kedua, rasanya Rendang memang layak menjadi makanan terenak deh, ya. Dunia pun mengakuinya loh!

Nom, nom, nom~

Nom, nom, nom~ via masteresep.com

Jelas, Rendang adalah makanan terenak se-Indonesia. Bahkan, CNN International melabelinya sebagai makanan terenak di dunia pada 2011 lalu. Tapi sayangnya, makanan asli Minangkabau ini nggak bisa dinikmati setiap hari oleh para mahasiswa, apalagi yang ngekos. Bisa, tapi mungkin hanya pada dua minggu di awal bulan. :p

1. Makanan asli Nusantara yang paling enak, bagi mahasiswa dan seluruh umat manusia yang kepepet. Mi Instan adalah solusi tepat!

YEAH!

YEAH! via bahasa.aquila-style.com

Yuhuu~ Selamat kepada mi instan yang menjadi makanan terenak nomor satu se-Nusantara! Mahasiswa macam apa sih yang nggak suka dengan mi instan? Meski nggak suka, tapi bisa dipastikan kamu selalu memangsanya, bukan? Ya, inilah satu-satunya yang bisa mengerti perasaan mahasiswa dan manusia mana pun di Indonesia, bahkan di dunia!

Nah, itulah 10 makanan paling enak dan nikmat se-Nusantara versi Hipwee Travel bagi mahasiswa, apalagi anak kosan. So, makanan mana yang paling enak dan nikmat menurutmu, Gaes?

Sumber: http://www.hipwee.com/travel/10-makanan-paling-enak-dan-nikmat-se-nusantara-buat-para-mahasiswa-favoritmu-yang-mana/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *